Mencegah Corona dengan Habbatussaudah (Jintan Hitam)

img : lifestyle.okezone

Sejak dahulu, obat alami antioksidan dan antiseptik berbentuk segitiga hitam telah dipercaya khasiatnya dan menjadi salah satu obat yang sangat di anjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

“Sesungguhnya pada habbatusauda terdapat obat untuk segala macam penyakit, kecuali as-sam (kematian).” (HR. Bukhari & Muslim).

“Saya telah mendengar Rasulullah mengatakan bahwa ada obat untuk setiap penyakit dalam biji hitam kecuali kematian,” kata Abu Hurairah. 

Ya, Jintan hitam atau biasa disebut habbatussauda merupakan obat segala penyakit yang saat ini tengah naik daun. 

Bahkan, masyarakat meyakini khasiat yang terdapat dalam biji hitam ini bisa menjadi obat virus corona. 

Manfaat dalam mengatasi masalah pernafasan dari biji Habbatussauda sendiri pertama kali diteliti oleh Ibnu Sina, seorang ilmuwan asal Persia yang terkenal pada Zaman Keemasan Islam. 

Ibnu Sina menulis sebuah jurnal medis bertajuk Canon of Medicine yang di dalamnya menjelaskan manfaat Habbatussauda sebagai pengobatan sesak nafas, mulai dari gejala asma hingga masalahan pernafasan lainnya.

Selain mengatasi soal sesak nafas, Jintan hitam atau habbatussauda yang memiliki kandungan 1,5 persen minyak atsiri ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. 

Hal ini berguna bagi masyarakat yang ingin meningkatkan imunitas agar tidak mudah terserang berbagai virus penyakit. 

Selain itu, biji yang memiliki bau kuat ini juga dapat menghilangkan penyumbatan bagian tubuh mana pun dan sangat bermanfaat untuk masuk angin kronis.

Jintan hitam ini juga dapat digunakan sebagai ekspektoran dan antipiretik untuk menormalkan sekresi lambung dan pankreas. 

Efektif juga dalam pengobatan Diabetes Mellitus serta menghilangkan batu di ginjal dan kandung kemih. 

Selanjutnya, habbatusauda juga sangat baik dikonsumsi apabila dikombinasikan bersama madu. 

Perpaduan kedua bahan tersebut akan memiliki dampak dan manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh.

img : freepik

Sama seperti habbatusauda atau jintan hitam,  madu juga telah dikenal berkhasiat menyembuhkan berbagaibpenyakit sejak ribuan tahun yang lalu. 

Bahkan khasiat madu sebagai obat untuk berbagai penyakit terdapat di dalam Al-quran.  

“Dan Rabbmu mewahyukan kepada lebah, ‘buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohonpohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia’. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Rabbmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang dapat menyembuhkan manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan,” Al Quran surat An Nahl Ayat 68 dan 69. 

Adapun, terkait besaran dan takaran jumlah dosis pengunaan jintan hitam dan madu untuk pengobatan sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, atau mengkonsultasikannya kepada pihak medis.

src : industry.co.id