Mengapa Berbuka Puasa Harus dengan Makanan yang Manis

img : freepik

Berpuasa tentu membutuhkan banyak energi, maka dari itu sebelum menjalankan puasa bagi umat Islam melakukan sahur pada pagi harinya. Setelah hampir seharian berpuasa tentu tubuh membutuhkan asupan gizi kembali, maka dari itu disarankan berbuka dengan yang manis-manis. Berikut alasan kenapa kita dianjurkan berbuka dengan yang manis.

Mengembalikan Energi Tubuh

img : freepik

Makanan atau minuman yang manis tentu saja memiliki kandungan energi yang berasal dari gula, gula akan menghasilkan insulin yang ujungnya adalah untuk memberikan energi. Maka dari itu, mengonsumsi makanan atau minuman yang manis baik bagi kesehatan.

Salah Satu Anjuran Rasul

img : al-miftah

Selain dilihat dari sisi medis, Ternyata dalam ajaran agama Islam pun dianjurkan berbuka dengan yang manis sebagaimana Rasulullah SAW menganjurkannya. Rasul memberikan contoh ketika mengonsumsi kurma pada saat berbuka puasa.

Jangan Sampai Berlebihan

img : freepik

Walau baik untuk tubuh bila dikonsumsi, namun jangan terlalu banyak mengonsumsi yang manis-manis. Sebagaimana kita ketahui bersama, terlalu banyak makan atau minum yang manis justru akan menimbulkan masalah yakni penyakit seperti diabetes dan sejenisnya.

Berbukalah dengan Pemanis Alami Bukan Pemanis Buatan

img : freepik

Makanan atau minuman manis di sini adalah dianjurkan yang berbahan dasar dari alam atau alami seperti buah-buahan bukan berupa pemanis buatan. Karena pemanis buatan justru terlalu banyak mengandung zat gula yang mana tidak baik bagi tubuh.

Kurma Membantu Mencegah Anemia

img : freepik

Selain penjelasan di atas, ternyata kurma juga baik bagi kesehatan salah satunya adalah mencegah anemia. Kandungan zat besi pada kurma menjadi solusi bagi penyakit anemia, biasanya gejala anemia seperti lelah dan lesu.

Kurma Membantu Atasi Masalah Pencernaan

img : freepik

Bulan puasa biasanya pola makan menjadi cenderung tidak teratur, dengan mengonsumsi kurma bisa menjadi solusi lho. Kurma mengandung serat larut yang cukup tinggi, kandungan serat tersebut dapat mencegah sembelit dan meningkatkan gerakan peristaltik dari usus sehingga pencernaan lebih lancar.

source : idntimes