[Info] Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan Wajah

img : freepik

Minyak zaitun punya banyak manfaat untuk kesehatan. Akan tetapi  selain baik untuk jantung, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk merawat kecantikan wajah. Apa saja manfaat minyak zaitun untuk wajah? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel ini.

Kandungan Nutrisi Minyak Zaitun

Dalam 100 mililiter minyak zaitun terkandung total 884 kalori (44 persen dari angka kecukupan gizi harian) dan total lemak 100 gram, yang dapat mencukupi 153 persen kebutuhan lemak harian tubuh. Meski kandungan lemak dalam minyak zaitun terbilang tinggi, tapi sebagian besar kandungan lemak ini merupakan asam lemak tak jenuh tunggal, yang merupakan lemak baik.

Minyak zaitun juga merupakan sumber polifenol yang baik. Polifenol merupakan senyawa fitokimia yang secara alami terkandung dalam tanaman. Senyawa inilah yang memberikan berbagai warna pada makanan dan melindungi tanaman dari bahaya.

Tak hanya mampu melindungi tanaman, polifenol yang masuk ke dalam tubuh kita juga mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Itu mengapa, polifenol yang terkandung dalam minyak zaitun dapat bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh.

Minyak zaitun juga diperkaya oleh omega-3 dan omega-6, 15 mg vitamin E yang mencukupi 72 persen kebutuhan harian tubuh, serta 61 mg vitamin K yang mampu mencukupi 75 persen kebutuhan harian tubuh. Minyak zaitun sama sekali tidak mengandung kolesterol, karbohidrat, dan lemak.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah 

img : freepik

Anda tidak harus menjalani perawatan kulit dengan menggunakan bahan-bahan kimia setiap waktu. Terkadang, perawatan rumahan dapat diterapkan dan hasilnya juga tak kalah baik. Salah satunya perawatan kulit yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan minyak zaitun.

Perawatan ini sederhana, efektif, dan aman bagi kulit. Cobalah untuk menggunakan minyak zaitun sebagai perawatan alami untuk wajah Anda selama beberapa waktu. Berikut beberapa manfaat minyak zaitun untuk wajah yang sayang untuk Anda lewatkan.

Menghapus Riasan di Wajah (Makeup Removal)

img : freepik

Salah satu manfaat minyak zaitun untuk wajah yaitu untuk menghapus riasan makeup di wajah. Anda bisa menggunakan minyak zaitun murni sehabis memakai makeup sehari-hari dengan cara dioleskan dan dipijat lembut di wajah.

Gunakan minyak zaitun sebagai pembersih riasan makeup awal di wajah Anda, setelahnya bilas dengan handuk yang direndam air hangat. Pilihan lainnya, Anda bisa menggunakan sabun yang mengandung ekstrak zaitun untuk membilas wajah Anda.

Melembabkan Kulit

img : freepik

Tahukah Anda, kalau minyak zaitun punya sifat yang meningkatkan kelembaban pada kulit? Ya, jika Anda memiliki kulit wajah kering mengelupas, Anda bisa oleskan 1 sampai 3 tetes minyak zaitun di bagian wajah yang kering.

Anda juga bisa mengakali manfaat minyak zaitun untuk wajah dengan cara mencampur krim pelembab wajah dengan beberapa tetes minyak zaitun guna menghidrasi kulit agar tetap lembab dan halus.

Mengatasi Kulit yang Bermasalah

img : freepik

Minyak zaitun terbukti bisa meredakan pada kondisi kulit yang kering, gatal, atau meradang. Pasalnya, minyak zaitun mengandung oleochantal yang bisa menghilangkan rasa tidak nyaman akibat peradangan di kulit wajah.

Cara penggunaannya sangat mudah, Anda hanya perlu menambahkan beberapa sendok teh minyak zaitun ke dalam bak air hangat. Lalu Anda pun bisa mandi atau sekadar membilas wajah dengan air yang sudah dicampur minyak zaitun.

Scrub Kulit Wajah

img : freepik

Selain bisa melembabkan dan mengatasi kulit yang gatal meradang, Anda bisa membuat scrub wajah alami dengan menggunakan racikan minyak zaitun dan garam laut. Hal ini sangat bermanfaat jika kulit wajah Anda tipenya bersisik dan kering,

Campurkan 3 sendok teh minyak zaitun murni dengan 5 sendok teh garam laut. Lalu, pijat dengan lembut ke area sisi hidung dan bagian wajah lainnya yang kering. Campuran garam dan minyak bisa mengelupas kulit kering sambil meningkatkan kelembaban di wajah Anda.

Membantu Menghilangkan Bekas Jerawat

img : freepik

Meskipun ada beberapa perawatan profesional di klinik kecantikan untuk menghilangkan bekas jerawat seperti laser resurfacing, terapi cahaya, atau cosmetic fillers, Anda juga dapat mengobati bekas jerawat Anda di rumah dengan beberapa perawatan sederhana.

Ya, Anda dapat menggunakan minyak zaitun untuk membantu menghilangkan bekas jerawat. Oleskan minyak zaitun ke area kulit, kemudian gunakan jari untuk memijat kulit untuk membantu penyerapan yang lebih baik. Minyak ini dapat diterapkan ke kulit sekitar 5-10 menit, tetapi jangan meninggalkannya pada kulit selama lebih dari 10 menit.

Manfaat Lainnya

Tak hanya bagus untuk kulit wajah, minyak zaitun juga menawarkan banyak manfaat untuk rambut Anda. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam minyak zaitun, yaitu vitamin A dan E, dapat membantu memperbaiki rambut kering bercabang akibat paparan sinar matahari dan polusi.

Jika Anda memiliki masalah dengan ketombe, Anda bisa menggunakan minyak zaitun yang dicampur dengan sari lemon. Pasalnya, asam alami dalam jus lemon berperan mengikis lapisan ketombe (yang biasanya disebabkan oleh kulit kering terkelupas), sedangkan manfaat minyak zaitun untuk rambut ialah melembabkan lapisan kulit kepala baru di bawahnya.

Minyak zaitun juga dapat menghaluskan lapisan pelindung rambut (kutikula), sehingga membuat rambut terlihat bersinar. Kandungan asam oleat, asam palmitat, dan squalene dalam minyak zaitun dapat membuat hal tersebut terjadi. Bahkan, banyak produk sampo, conditioner, dan pomade mengandung bahan-bahan tersebut dalam bentuk sintesis yang dibuat di laboratorium.

Bahkan, tak hanya itu saja. Minyak zaitun juga dapat membantu memanjang bulu mata secara alami. Minyak zaitun menyerap jauh ke dalam akar rambut dan pori-pori kulit kelopak untuk merangsang pertumbuhan bulu mata serta menjadi perisai untuk melindungi kekuatan batang rambut bulu mata.

src : hellosehat